Wednesday, July 4, 2012

Menggali Potensi Anak Dengan Perlombaan Dan Hadiah

Setiap anak memiliki kemampuan tersembunyi dan memerlukan suatu tindakan untuk menggali dan mengasah kemampuannya. Akan sangat disayangkan bila bakat anak kita tidak bisa tersalurkan, padahal satu bakat yang terasah akan sangat berguna untuk masa depannya nanti.

Salah satu cara untuk mengetahui potensi anak adalah dengan menggerakan semangatnya untuk berkompetisi. Anda bisa memulainya dengan bermain tebak-tebakan. Sebagai permulaan, berikan tebakan yang ringan seperti nama-nama ibu kota dll. Dengan bermain tebak-tebakan akan membuat akal anak berkembang dan mencairkan kebekuan pikirannya.

Selain tebak-tebakan, olah raga juga bisa mengembangkan potensi anak dan tubuh mereka menjadi kuat. Saat ini sudah banyak sekali even-even olah raga untuk anak, doronglah anak untuk mengikuti even dia sukai dan tetap berikan semangat kepadanya.

Meskipun demikian, jangan terlalu menekan anak untuk memenangkan sebuah kompetisi, beri dia semangat dan yakinkan dia bahwa kekalahan dalam sebuah kompetisi adalah hal yang wajar, hal yang terpenting adalah bahwa dia sudah berusaha secara maksimal.

Perlombaan merupakan metode yang bermanfaat untuk membangun sifat kompetitif dan memberikan suatu kegiatan yang bisa mengarahkan bakat anak, apabila metode ini diberikan pada anak saat usia yang tepat, maka akan memberikan hasil yang sesuai harapan.

Dengan memberikan hadiah, anda juga bisa menanamkan kegembiraan kepada anak sehingga anak menjadi termotifasi untuk menyiapkan dirinya agar bisa memenangkan sebuah perlombaan. Mereka bahkan akan berlatih dan belajar, bertanya sehingga pengetathuan dan kemampuanya akan bertambah, dan akan tampak potensi apa yang ada di dalam anak. Dengan demikian potensi anak yang terpendam akan muncul dengan semangat yang membara.

Seperti orang dewasa anak-anak akan sangat bangga dan senang jika mendapatkan suatu hadiah, apalagi jika hadiah yang didapatkannya adalah hasil dari kerja kerasnya sendiri. Manfaat lain dari mengikuti sebuah even adalah mengajarkan anak untuk bermasyarakat, dan dia akan belajar bahwa kehidupan ini ada saatnya sesuai harapan (menjadi pemenang) dan ada saatnya juga tidak seperti yang diharapkan(menerima kekalahan).

Diposkan oleh: Cak Win

No comments:

Post a Comment