Sunday, July 1, 2012

Bayi Anda Rewel ?? Kenali Tangisannya Untuk Mendapatkan Solusi yang Terbaik

Adakalanya saya merasa jengkel jika ada bayi menangis dan dikatakan sebagai anak yang cengeng atau dihina, padahal tangisan bayi adalah hal yang normal, bahkan jika bayi tidak mau menangis menandakan bahwa ada yang tidak normal pada kesehatannya.

Salah satu cara berkomunikasi dengan bayi anda adalah dengan memahami arti tangisan bayi anda. Pada umumnya bayi akan mengeluarkan suara tangisan yang berbeda untuk setiap keinginannya. Sebagai orang tua yang bijak hendaknya kita mau mempelajari bahasa bayi tersebut. Sebagai orangtua, kadang kita sering bingung menghadapi tangisan bayi kita, karena itu ada baiknya anda mulai belajar untuk mengenali tangisan bayi anda sehingga anda bisa dengan cepat mengetahui penyebab tangisan tersebut. Berikut ini bebarapa suara tangisan yang biasanya dikeluarkan bayi:

1. Bayi menangis pelan lalu kencang lalu pelan lagi
Jika bayi anda menangis seperti ini menandakan bahwa dia dalam keadaan yang lelah, bosan, atau mengantuk. Yang harus anda lakukan adalah menenangkan diri supaya bayi anda juga ikut tenang. Usap-usap dan tepuk-tepuk pelan punggungnya supaya bayi anda rileks. Jika cara ini tidak berhasil gendong dan ajaklah jalan-jalan keluar kamar tapi masih didalam rumah, ajaklah dia mengobrol atau nyanyikanlah lagu untuknya.

2. Bayi menangis keras, semakin keras dan berirama
Tangisan ini menandakan bahwa bayi anda haus atau lapar. Bisa juga karena dia merasa tidak nyaman dengan popoknya yang basah karena ompol atau pup, atau bisa juga karena bajunya basah terkena keringat. Segera susui atau beri makan bayi anda bila dia haus atau lapar, dan periksa apakah popok dan bajunya masih nyaman untuk dipakai.

3. Bayi menangis panjang dan melengking
Tangisan ini menandakan bayi anda dalam keadaan takut atau kesakitan. Segera gendong dan peluk dia, yakinkan si kecil kalau anda akan selalu menjaganya. Jika cara ini tidak berhasil periksa apakah ada bagian tubuh bayi anda yang kesakitan seperti terlalu kencang mengikatkan popok atau digigit serangga dan lain-lain. Periksa juga anggota gerak bayi anda untuk memastikan tidak ada cedera yang dideritanya.

4. Bayi menangis pelan dan merintih
Tangisan ini menandakan sikecil dalam keadaan stress. Bisa karena kesepian atau ingin tidur. Temani dan ajak bermain, tapi bila bayi anda mengantuk ajaklah tidur

5. Bayi menangis lebih dari 3 jam dalam sehari
Jika tangisan bayi anda lebih dari 3 jam sehari menandakan ada sesuatu yang terjadi padanya. Konsultasikanlah kepada ahlinya.

Tips : Hadapilah tangisan bayi dengan tenang, semakin anda gelisah bayi anda juga akan ikut gelisah.

Diposkan oleh: Cak Win 

1 comment: