Sunday, July 1, 2012

Mempengaruhi Jiwa Anak dengan Kegembiraan

Siang itu anak saya Abim yang berusia 2 tahun melihat ibunya sedang merapikan baju, dia mendekati ibunya dan bilang "Abim bantu, Abim bantu". Kemudian istri saya meminta anak saya untuk membantu merapikan baju. Walaupun hasilnya belum memuaskan--bahkan kadang malah menjadi acak-acakan dan membuat istri saya bekerja 2x--istri saya selalu memuji anak saya karena keinginan dan inisiatifnya untuk membantu orangtua. Hal ini membuat anak saya gembira setiap kali diminta tolong membantu ibunya, dan dia melakukannya dengan senang hati.

Bisakah anda bayangkan jika anak anda melaksanakan saran dan nasehat anda dengan rasa gembira?? Anda tentu akan sangat senang. Lalu bisakah ini terjadi?

Berteman dengan anak merupakan hal yang sangat luar biasa untuk bisa mempengaruhi anak, tapi menanamkan kegembiraan juga mempunyai peran penting untuk jiwa anak. Anak-anak bisa menjadi sarana kegembiraan bagi orang dewasa dan anak-anak juga sangat menyukai kegembiraan, tersenyumlah di hadapan anak anda dan lihatlah betapa senangnya dia.

Memberi kegembiraan pada anak akan memberi dampak yang positif sehingga anak merasa lebih bebas dan jiwanya terasa lebih hidup. Berbeda jika sang anak diberikan amarah dan ancaman, anak akan merasa terkekang dan jiwanya akan penuh dengan dendam.

Di bawah ini beberapa tips untuk mendatangkan kegembiraan kepada anak:
  1. Menyambut kedatangan anak: sambutlah anak ketika pulang dari bermain atau baru bertemu dengan anda, dia akan merasakan kalau anak merupakan bagian dari anda.
  2. Mencium dan bercanda: mencium anak merupakan salah satu cara untuk menunjukan kasih sayang anda kepada anak, anak akan sangat suka untuk bercanda. Tapi, biasakan untuk bercanda yang bisa mendidik anak.
  3. Mengusap kepala: mungkin hal ini terlihat sepele dan mudah, tapi dengan ini anak juga bisa merasa nyaman dan senang.
  4. Menggendong dan menimang: saya rasa tidak ada anak yang tidak suka digendong orangtuanya.
  5. Memberikan makanan: biasakan makan bersama dengan anak dan berilah dia makan, ini akan membangun kebersamaan anda dengan anak. Dan dengan ini, anda juga bisa memantau perkembangan organ cerna anak anda.
Diposkan oleh: Cak Win

No comments:

Post a Comment