Sunday, July 1, 2012

Besarnya Manfaat Berteman Dengan Anak untuk Perkembangan Jiwa Anak

Saya yakin anda pasti pernah merasakan bagaimana menjadi anak-anak. Dunia anak bisa dikatakan dunia bermain, karena pada usia tersebut jiwa mereka belum terisi dengan hal-hal yang rumit. Seperti halnya tubuh yang membutuhkan berbagai gizi untuk pertumbuhanya, jiwa juga memerlukan pendidikan yang baik agar bisa tumbuh dengan baik. Perbedaannya, tubuh akan tumbuh sampai mencapai puncaknya dan akan kembali menurun, tetapi jiwa akan terus berkembang seumur hidup manusia.

Untuk menjadi pendidik yang sukses, selain dengan memberi contoh yang baik dari kedua orangtua untuk membentuk karakter anak, berteman dengan anak adalah salah satu cara mendidik anak yang efektif. Hal ini akan membentuk jiwanya menjadi baik. Seorang anak akan selalu mencari teman yang membuatnya nyaman. Anda bisa bayangkan bagaimaa jika dia menemukan seorang teman yang tidak bertanggung jawab, tentu ini akan membawa dampak yang tidak baik bagi anak anda.

Seperti kasus Aryo, seorang anak yang pendiam dan selalu menurut kepada orang tua. Sejak orangtuanya bercerai, dia tinggal bersama ibunya. Suatu hari ibunya yang seorang pegawai negeri dipindahtugaskan keluar kota dan Aryo yang masih kelas 2 SD dititipkan kepada kakek dan neneknya yang mempunyai usaha pabrik kerupuk. Aryo pun bergaul dengan para pekerja di pabrik tersebut, celakanya Aryo bergaul dengan orang yang kurang tepat. Disinilah dia mulai berkenalan dengan rokok dan mengenal kata-kata kasar. Aryo merasa nyaman bergaul dengan mereka karena dia merasa bebas dan tidak ada yang melarang untuk melakukan ini dan itu. Dia merasa hal tersebut adalah hal yang wajar karena ketidaktahuannya pada saat itu.

Dari cerita diatas bisa dilihat tentang pentingnya sebuah pertemanan dalam membentuk jiwa anak. Bahkan sudah banyak berita di televisi yang memberitakan kejahatan seorang anak karena pengaruh temannya. Meskipun demikian, anak juga mempunyai hak untuk berteman dengan orang dewasa supaya dia bisa belajar dari orang dewasa. Jadi, sebagai orangtua kita harus berhati-hati dalam memilihkan teman untuk masa depan anak kita, teman bisa membawa anak ke tempat yang baik dan sebaliknya. Tentu anda akan lebih senang jika suatu hari nanti anak anda berada di kepolisian dari pada di penjara.

Karena pengaruh pertemanan yang begitu besar untuk anak anda, sebisa mungkin luangkanlah waktu ditengah-tengah kesibukan anda untuk menemani dan bermain dengan anak anda, jika diperlukan aturlah jadwal untuk memasuki dunianya dengan pertemanan. Dengan begitu anda akan tahu perkembangan anak dan sedikit demi sedikit membentuk jiwanya sesuai dengan yang anda inginkan.

Diposkan oleh: Cak Win

No comments:

Post a Comment