Wednesday, July 4, 2012

Apa Manfaat Memberikan Pujian kepada anak

Pagi itu Abim senang sekali karena akan mengikuti lomba lari pada acara Agustusan yang diadakan di kampung. Dia sudah lama mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi itu. Hari yang dinanti akhirnya tiba, perlombaan berlangsung seru. Saat pengumuman pemenang, ternyata Abim bukan termasuk salah satunya. Hal ini membuat Abim kecewa. Saat pulang, dia terlihat sedih dan menangis.

Sebagai orangtua, saya mencoba menyemangatinya dan meyakinkan dia bahwa dia telah melakukan yang terbaik dan jika terus berlatih pasti suatu saat dia akan menjadi pemenang. Dia pun mulai tenang tetapi wajah sedih itu tetap terlihat, saya memujinya karena telah berani mengikuti sebuah perlombaan. Saya bilang bahwa tidak semua anak berani seperi dia yang berani untuk mengikuti kompetisi. Akhirnya diapun terlihat tenang dan tidak sedih lagi.

Sebenarnya, semua orang suka dipuji, termasuk juga anak-anak, tapi apakah itu berguna untuk anak??? Kadang kala jika seorang dewasa mendapatkan pujian akan menjadikannya sombong dan tinggi hati, tapi apakah anak juga demikian???

Anak merupakan individu yang masih bersih dari sifat-sifat sombong selama tidak ada contoh dari ayah dan ibunya. Jika seorang anak mendapatkan pujian, perasaanya akan tergerak untuk segera memperbaiki perilakunya. Sebagai contoh, saat anak sedang makan dan belepotan, cobalah puji dia "Anak pintar makanya pelan-palan ya sayang". maka hatinya akan tergerak untuk melakukan hal yang terpuji, tentu saja memujinya akan lebih berguna dari pada anda memarahinya bukan?

Sanjungan dan pujian diperlukan bukan hanya karena anak berhasil melakukan sesuatu atau memenangkan sebuah perlombaan, tetapi juga berguna untuk tetap memberinya semangat saat anak mendapati sebuh kegagalan atau kekalahan. Dengan memberi sanjungan atau pujian pada anak, kita secara tidak langsung dapat memotivasinya untuk menjadi individu yang lebih baik.

Diposkan oleh:Cak Win

No comments:

Post a Comment